CONTAC ME

Status YM
Chat With Me at Yahoo

Selasa, 19 April 2011

TUGASKU (SISTEM PAKAR)

Untuk memenuhi Tugas dari dosen saya, saya pun membuat konsep tentang sistem pakar, tetapi disini saya hanya memberikan konsepnya saja seperti dibawah ini tanpa tampilan aplikasi untuk sistem pakar pada Bank BNI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah


PT.BNI (Persero) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang perbankan yang melayani jasa perbankan di Indonesia. Dalam penerimaan karyawannya, PT.BNI (Persero) mengadakan penerimaan secara mandiri di lingkungan PT. BNI (Persero).
Seleksi penerimaan karyawan untuk menentukan kelulusan, dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu seleksi akademis, clearance test, dan test kesehatan, sedangkan untuk penempatan departemen dipertimbangkan berdasarkan jenis keahlian, hasil wawancara, dan hasil psikotest. Kendala yang sering ditemukan dalam proses penerimaan karyawan di PT.BNI (Persero) yaitu sulitnya menentukan pelamar mana yang memenuhi kriteria untuk menjadi karyawan PT.BNI (Persero) dari sekian banyak pelamar sedangkan pelamar yang akan diterima menjadi karyawan terbatas. Selain itu penentuan dalam penempatan karyawan pada departemen tertentu membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga dinilai kurang efisien.
Dalam keadaan tersebut pihak PT. BNI (Persero) membutuhkan sistem yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan untuk menentukan pelamar mana yang benar – benar berkompeten dan layak menjadi karyawan serta untuk memberikan rekomendasi penempatan pada departemen yang tersedia. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, maka dibangunlah suatu sistem pendukung keputusan untuk penerimaan karyawan pada departemen tertentu.

1.2 Identifikasi Masalah

Dilihat dari fenomena yang terjadi di PT. BNI ersero) saat ini terdapat masalah – masalah dalam proses penerimaan karyawan, diantaranya :
1. Sulitnya menentukan pelamar mana yang benar – benar berkompeten dan layak menjadi karyawan PT. BNIersero).
2. Penempatan karyawan pada departemen yang tersedia kurang efisien.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu penentuan siapa yang layak menjadi karyawan PT. BNI (persero).
Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka diperoleh rumusan masalah bagaimana membangun Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan pada Departemen Tertentu di PT. BNI(persero).

1.3 Maksud dan tujuan

Maksud dari pembangunan aplikasi ini adalah untuk membangun Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan pada Departemen Tertentu di PT. BNI (Persero).
Adapun tujuan dari pembangunan aplikasi ini adalah :
1. Memudahkan menentukan pelamar mana yang benar – benar berkompeten dan layak menjadi karyawan PT. Pindad (Persero).
2. Memudahkan menentukan penempatan karyawan pada departemen tertentu sesuai dengan keahlian yang dimiliki dan kebutuhan.

1.4 Batasan Masalah

Adapun ruang lingkup kajian yang akan dibangun adalah sebagai berikut :
a. Data yang akan diolah dalam sistem ini adalah data pelamar, data hasil test pelamar yang meliputi hasil test akademis, clearance test, test kesehatan, wawancara dan psikotest, serta data departemen yang akan diduduki pelamar.
b. Proses yang ditangani dalam sistem ini adalah pengolahan data kriteria seleksi, kriteria departemen, standar nilai, user, departemen, pelamar, penilaian, proses pengambilan keputusan dalam menentukan penerimaan karyawan, dan proses penempatan karyawan pada departemen yang tersedia.
c. Keluaran dari sistem yang dibangun berupa informasi hasil keputusan penerimaan karyawan beserta departemen yang akan diduduki.
d. Sistem pengambilan keputusan penerimaan karyawan yang dibangun menggunakan metode Fuzzy Logic.
e. Model analisis perangkat lunak yang digunakan adalah pemodelan analisis terstruktur. Alat yang digunakan adalah flowmap dan diagram E-R, dan untuk menggambarkan proses yang digunakan adalah DFD (Data Flow Diagram).
f. Perangkat lunak yang digunakan pada sisi server, yaitu Microsoft Windows XP sebagai sistem operasi, Visual Basic sebagai bahasa pemrograman, MySQL sebagai Server Database Management System, sedangkan pada sisi client, yaitu Microsoft Windows XP sebagai sistem operasi dan aplikasi ini berbentuk exe

1.5 Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian yang akan digunakan dalam menyusun tugas akhir ini adalah metode Analisis Deskriptif, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang hal-hal yang diperlukan, melalui tahapan sebagai berikut:

1. Pengumpulan data

Merupakan tahap awal dari pembangunan aplikasi yaitu dengan menentukan data – data apa saja yang menjadi acuan dalam pembangunan aplikasi. Pengumpulan datanya dilakukan dengan dua metode:
a. Observasi

Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan ke lingkungan objek yang diteliti serta pengisian form data dari pihak pelamar.
b. Interview

Teknik pengumpulan data dengan mengadakan tanya jawab secara langsung kepada staf PT. BNI (Persero) yaitu bidang administrasi dan keuangan.

2. Pembangunan Perangkat Lunak

Pembangunan aplikasi ini menggunakan metodologi Waterfall dengan gambar sebagai berikut:

Rekayasa sistem Analisis sistem Perancangan sistem Pengkodean sistem Pengujian sistem Pemeliharaan sistem Umpan balik
Gambar . Skema Waterfall

Not Shared


a. Rekayasa sistem

Tahap ini merupakan kegiatan pengumpulan data sebagai pendukung pembangunan sistem serta menentukan ke arah mana aplikasi ini akan dibangun.
b. Analisis

Merupakan tahap pengumpulan kebutuhan secara lengkap kemudian dianalisis dan didefinisikan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh aplikasi yang akan dibangun.
c. Perancangan

Tahap perancangan interface yang mudah dimengerti user yang mengacu pada data – data analisis.
d. Pengkodean

Tahap penerjemahan data yang telah dirancang kedalam bahasa pemrograman tertentu. Dalam pembangunan apikasi ini menggunakan Visual Basic (vb)
e. Pengujian

Merupakan tahap pengujian terhadap perangkat lunak yang dibangun. Pada tahap ini menggunakan dua metode pengujian, yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Pengujian alpha dilakukan dengan metode black box untuk menguji fungsional sistem seperti kesalahan sintak, terminasi dan kesalahan interface apakah sudah sesuai dengan fungsi yang dibangun. Sedangkan pengujian beta dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada staf PT. BNI (Persero).
f. Pemeliharaan

Mengoperasikan aplikasi dilingkungannya dan melakukan pemeliharaan, seperti penyesuaian atau perubahan karena adaptasi dengan situasi yang sebenarnya
Umpan Balik: merupakan respon dari pengguna sistem yang bisa digunakan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi yang dibangun diterima oleh penggunanya. 1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan laporan ini dibagi dalam beberapa bab dengan pokok pembahasan secara umum sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini merupakan bagian yang mengemukakan latar belakang, perumusan masalah, maksud dan tujuan, batasan masalah, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yaitu tinjauan perusahaan, berisi penjelasan tentang sejarah singkat, visi, misi dan struktur organisasi. Bagian kedua berupa landasan teori, berisi teori-teori pendukung yang digunakan untuk membangun sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan pada departemen tertentu di PT. BNI (Persero).


BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini berisi analisi kebutuhan dalam membangun aplikasi ini, analisis sistem yang sedang berjalan pada aplikasi ini sesuai dengan metode pembangunan perangkat lunak yang digunakan. Selain itu terdapat juga perancangan antarmuka untuk aplikasi yang akan dibangun sesuai dengan hasil analisis yang telah dibuat.

BAB IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
Bab ini berisi hasil implementasi dari hasil analisis dan perancangan sistem yang telah dibuat disertai juga hasil pengujian sistem yang dilakukan di PT. BNI (Persero) sehingga diketahui apakah sistem yang dibangun sudah memenuhi syarat sebagai aplikasi yang user-friendly.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi kesimpulan dari uraian proses pembangunan aplikasi dan saran-saran tentang aplikasi ini untuk masa yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More